Hacked by IndoXploit
Kepala Dishutbun

Ir. H. Djoenedi Fatchurahman, M.Si
Gallery
January 2018
M T W T F S S
« Apr    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
  • 0
  • 11
  • 59
  • 222
  • 727
  • 76,702
  • 162,310

Jabatan Fungsional

PROGRAMA PENYULUHAN KEHUTANAN
Penyuluhan kehutanan menjadi bagian penting dalam mencapai sebuah keberhasilan program pembangunan kehutanan. Apapun program pembangunan kehutanan yang akan dijalankan kegiatan penyuluhan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan. Penyuluhan berperan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta mengubah sikap dan perilaku masyarakat agar mau dan mampu mendukung program pembangunan kehutanan yang akan dijalankan. Bahkan dengan adanya pergeseran paradigma pembangunan kehutanan peran penyuluhan kehutanan semakin vital.
Paradigma pembangunan kehutanan bergeser dari pengelolaan sumber daya hutan berbasis kayu (timber based forest resources management) menjadi pengelolaan sumber daya hutan berbasis masyarakat dan berorientasi pada manfaat sosioekologis (socio ecological benefit oriented and community based forest management). Pergeseran ini membawa konskuensi logis pada pentingnya upaya pemberdayaan masyarakat ke arah kemandirian dan kelestarian fungsi lingkungan hidup. Dengan demikian peran penyuluhan bukan hanya sekedar melakukan transfer iptek dan informasi untuk menyukseskan program pembangunan kehutanan namun juga penguatan kapasitas diri maupun kelembagaan masyarakat dalam mengoptimalkan manfaat sumber daya hutan guna mencapai kemandirian hidup dan usaha dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.
Dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan kehutanan, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang No. 41 Tahun 1999 Pasal 3 huruf d, yaitu untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan maka diperlukan sinkronisasi antara program dan kegiatan penyuluhan kehutanan dengan program pembangunan kehutanan. Sinkronisasi ini dituangkan dalam rencana penyelenggaraan penyuluhan kehutanan yang disebut dengan Programa Penyuluhan Kehutanan. Penyusunan programa ini mengacu pada Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.78/Menhut-II/2014 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Kehutanan.
Programa Penyuluhan Kehutanan ini merupakan sintesa dari program penyuluhan kehutanan di tingkat kabupaten yang dikaitkan dengan program-program prioritas pembangunan kehutanan dari eselon III lingkup Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kebumen. Programa disusun satu tahun sebelumnya dan dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP) Kehutanan untuk dilaksanakan selama periode tahun berikutnya.

programa 1

Penyusunan Programa Penyuluhan Kehutanan Tahun 2015 di tingkat Korwil pada Bulan Oktober 2014.

programa 2

Penyusunan Programa Penyuluhan Kehutanan Tahun 2016 di tingkat Korwil pada Bulan Maret 2015.